Sejarah


Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki peran penting dalam pengembangan pendidikan dan keilmuan di tanah air, khususnya dalam bidang pertanian, pembangunan dan lingkungan hidup. Oleh karenanya IPB berusaha untuk terus memberikan kontribusinya dalam mengembangkan dan mengkomunikasikan inovasi IPTEKS, baik di tingkat lokal manupun ditingkat nasional.  Hasil-hasil penelitian dan pemberdayaan masyarakat perlu dipromosikan agar dapat diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Pada akhir tahun 2010, dirintis kegiatan membangun media komunikasi untuk penyebarluasan inovasi IPB melalui media audio visual, dengan menyusun konsep awal pendirian GreenTV. Media ini diarahkan sebagai media edukasi bagi masyarakat luas melalui diseminasi berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mendukung pembangunan pertanian, pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan di tanah air.

Upaya membangun Green TV diawali dengan melaksanakan pengembangan kapasitas sumberdaya manusia yang dipersiapkan untuk menggali ide-ide content dan memproduksi sebagai bahan tayangan edukatif.  Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan Pelatihan – Lokakarya Produksi Program Televisi, dipandu oleh Tim Conten Creative Indonesia (CCI) pimpinan Riza Primadi. Para staf pengajar dan peneliti di lingkungan Institut Pertanian Bogor, yang mengikuti pelatihan ini selanjutnya duduk sebagai anggota Kelompok Kerja Content (Board of Content), yang secara terus menerus akan mengembangkan ide-ide content dari hasil-hasil penelitian dan pemberdayaan masyarakat dari departemen, fakultas atau pusat penelitian tempat mereka bertugas. Pada bulan April 2011 dilakukan Workshop Content yang menghasilkan sejumlah ide judul serial untuk diproduksi dalam format features.

Persiapan operasional Green TV dimulai sejak dikeluarkannya SK Rektor No.095/I3/HM/2011 tentang Pembentukan Tim Pengembangan Green TV IPB. Tim bekerja untukmempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengoperasian kegiatan hingga penayangan program. Pada bulan September 2011 dimulai perekrutan 40 orang mahasiswa yang akan bekerja magang di Green TV sebagai tenaga produksi.  Pengembangan kapasitas sumberdaya manusia dilakukan terus menerus bagi para mahasiswa magang  dengan menyelenggarakan berbagai pelatihan, seperti pelatihan penulisan naskah televisi, pelatihan teknik kamera, dubbing dan presenting.  Pelatihan diberikan kembali oleh Tim CCI, yang terus mendampingi  GreenTV hingga saat ini.

Berkat hasil kerja keras bersama para mahasiswa ini Green TV berhasil memproduksi berbagai tayangan dan membawa pada peluncuran siaran dengan menggunakan fasilitas video streaming, pada tanggal 23 November 2011.

GreenTV Traffic

Pages

Pages|Hits |Unique

  • Last 24 hours: 0
  • Last 7 days: 0
  • Last 30 days: 0
  • Online now: 0

Redaksi

Seluruh info dan video di website ini dikelola oleh tim IT dari Green TV. Semua masukan, kritik dan saran bisa disampaikan ke greentv@ipb.ac.id


Logo IPB
Green News :